SILAHKAN MENONTON

Media Literacy - Situs Tv Online Streaming

mnc MIVO sindo berita satu telkomvision arena wwe movie star movie filmon HBO PLUS kids HBO FAMILY axnblk animax mtv bbc bc vit fashion fashion fashion fashion fashion fashion fashion fashion fashion

Media Literacy Tv - Situs Tv Online Streaming

Thursday, August 22, 2013

Ketika Burung dan Jin Bertasbih

Az-Zamakhsyari mengatakan, "Tidak menutup kemungkinan bahwa Allah memberikan insting kepada burung untuk berdoa dan bertasbih kepada-Nya. Seperti halnya Allah telah memberikan insting kepadanya terhadap berbagai ilmu rumit yang hampir saja akal tidak dapat sampai kepadanya."

Allah Swt. berfirman, "Tidakkah kamu tahu bahwasanya Allah, kepada-Nya bertasbih apa yang ada di langit dan di bumi dan (juga) burung dengan mengembangkan sayapnya. Masing-masing telah mengetahui (cara) sembahyang dan bertasbihnya. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan," (QS An-Nur [24]: 41).

Sungguh luar biasa, burung pun bertasbih dengan cara yang diketahui oleh Allah, sedangkan kita sama sekali tidak mengetahui bagaima cara mereka melakukannya. Allah SWT berfirman, "Dan tak ada suatu pun melainkan bertasbih dengan memujinya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka," (QS Al-Isra [17]: 44).

Bahkan, Jin pun telah diwajibkan untuk melaksanakan shalat seperti halnya manusia. Allah SWT berfirman, "Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku," (QS Adz-Dzariyat [51]: 56).

Ibnu Taimiyah menuturkan, "Jin juga diperintah dengan dasar-dasar agama dan cabang-cabangnya yang sesuai dengan mereka. Mereka tidak sama dengan manusia dalam hal batasan dan kenyataan. Karena itu, apa yang diperintahkan kepada mereka dan dilarang dari mereka batasannya tidak sama dengan manusia. Akan tetapi, mereka sama dengan manusia dalam jenis perintah, larangan, halal, dan haram." (Majmu’ul Fatawa)

Malaikat juga bertasbih kepada Allah melebihi kemampuan kita.

Allah SWT berfirman tentang hak mereka, "Jika mereka menyombongkan diri, maka mereka (malaikat) yang di sisi Tuhanmu bertasbih kepada-Nya di malam dan siang hari, sedang mereka tidak jemu-jemu," (QS Fushshilat [41]: 38). Allah SWT juga menceritakan perkataan mereka dalam firman-Nya, "Dan sesungguhnya kami benar-benar bershaf-shaf (dalam menunaikan perintah Allah)," (QS Ash-Shaffat [37]: 165).

Rasulullah SAW bersabda kepada para sahabatnya, "Tidakkah kalian berbaris seperti para malaikat yang berbaris di hadapan Tuhan mereka?"

Kemudian beliau menyebutkan cara berbarisnya mereka dalam sabdanya, "Mereka menyempurnakan barisan yang pertama, kemudian barisan setelahnya. Mereka saling menempel dalam barisan," (HR Bukhari).

No comments:

Post a Comment

trima kasih atas komentarnya....
anda puas... kami lemas...
capek tau nulis sambil mikir.... hehehehe